Mengoptimalkan Casio CTK 6000/7000 dengan merubah Tone yang ada dan membuat style menggunakan IDES4

Saya membaca beberapa blog mengenai kecanggihan keyboard Casio dengan suara menggunakan tekhnologi AHL tidak kalah dengan keyboard2 produk lainnya. Akhirnya saya membeli Casio serie CTK 6000, awalnya saya merasa bahwa kualitasnya sangat jauh dari standar. Tapi setelah saya pelajari semua terutama mengenai efek, DSP dan membuat Tone, akhirnya PSR lama saya sy kasih sama anak saya.

Untuk mengoptimalkan si CTK itu menurut saya adalah :
1.  Tone user
2.  Membuat Style sendiri pake IDES4

1. Tone User

Pada tombol tone di seri CTK 6000 terdapat pilihan J cara untuk membuatnya adalah merubah variable yang ada dalam Tone yang kita pilih antar A sd K .
a. Pilih tone yang akan kita rubah misalnya tekan H kemudian cari No 32
b. Setelah itu tekan Tone Editor maka akan keluar Tone Edit nya yaitu:
    Attack Time   : Lama bunyi tone setelah tuts ditekan
    Release Time : Lama bunyi tone setelah tuts dilepas
    Cut Off
    Vib Type      : Jenis Vibra
    Vib Depth    : Kedalaman Vibra
    Vib Rate       
    Vib Delay
    Oct Shift      : Merubah Oktaf
    Volume        : Merubah Volume tone
    TouchSense : Merubah kekuatan respon tuts
    Rev Send     : menambahkan efek gema
    Cho Send     : Menambahkan efek chorus
    DSP
    * dengan mencoba2 mengganti variable di atas maka kita akn dapatkan suara yang diinginkan

c. Setelah selesai simpan pada user tones
Tekan exit dan akan diminta untuk di simpan dan bila kita jawab yes maka akan diminta untuk disimpan di antara J1 sd J10 .

d. Coba bandingkan antara tone H-32 dengan J-1


******** sementara segini dulu, entar saya sambung lagi mengenai membuat style pake ides4 dengan bantuan Calkwalk 9 dan merubah song midi atau style punya Yamaha menjadi Style Casio berbentuk CKF yang diedit pake CTK 6000 menjadi file AC7 ************